.

Penyebab Kegelisahan dan Cara Mengatasinya

Sering kali kita merasa gelisah dalam keseharian. Ya, memang ada suatu kondisi dimana kita menjadi gelisah. Perasaan tidak tentram, tidak tenang, tidak sabar lagi, cemas dan khawatir menjadi perasaan umum yang terjadi bagi kita yang dilanda kegelisahan. Kegelisahan adalah gejala universal, yang bersifat kejiwaan, dan ada pada manusia manapun.
Pada dasarnya kegelisahan merupakan perasaan manusia yang takut akan kehilangan sesuatu yang berharga dalam hidupnya, kegelisahan seseorang bisa dilihat dari tingkah laku dan gerak-gerik. 

Banyak faktor Penyebab dan yang mempengaruhi kegelisahan antara lain:
  1. ketidakpastian suatu keadaan tertentu
  2. ketidakpastian dari perbuatan orang lain
  3. keterasingan
  4. kesepian
Kegelisahan yang terjadi pada seseorang akan berpengaruh secara psikologis, tidak hanya pada kehidupan pribadi tetapi juga terhadap kehidupan orang lain. Dampak pada kegelisahan contohnya kehilangan harga diri atau martabat, hilangnya nama baik di masyarakat, bahkan hilangnya kepercayaan maupun jabatan.
Nah, untuk itu sudah sepantasnya anda harus segera menghilangkan rasa gelisah tersebut.  

Berikut ini adalah cara mengatasi kegelisahan yang melanda :
  • Usahakan agar pikiran kita tetap tenang, jangan terlalu berfikiran buruk akan apa yang akan terjadi, fokuslah dengan apa yang sedang dilakukan.
  • Jika tipe anda sebagai penyendiri, sebaiknya anda  beristirahat atau mencari tempat yang bisa membuat perasaan baik kembali baik lagi. Namun jika anda tipe orang  yang lebih suka keramaian, maka pergilah ke tempat kesukaan seperti main bowling, billiard dan lainnya.
  • Janganlah langsung berbuat yang tidak semestinya seperti menyalahkan yang tidak seharusnya disalahkan dan membuat keputusan yang merugikan baik untuk pribadi maupun diri sendiri.
  • Bersikaplah lebiih dewasa dengan memikirkannya secara matang dan benar tentang apa yang akan dilakukan.
  • Jangan terpengaruh dengan situasi yang memanas dan membuat anda selalu terpikirkan tentang rasa gelisah tersebut.
  • Prioritaskan yang harus diprioritaskan juga, memang rasa gelisah itu datangnya secara tiba-tiba dan tidak tahu kenapa yang jelas sedikit kesalahan yang fatal akan merugikan yang terbesar.
  • Curahkan perasaan kepada orang yang menurut anda dapat membuat tenang seperti pasangan, orang tua ataupun teman baik. Jangan lupa mintalah saran yang baik darinya.
  • Kematangan pemikiran dan persaan yang tenang akan membawa kita selalu bisa berada di alam terbaiknya.
  • Luangkan sejenak waktu untuk mengisi hal yang positif dan menenangkan segala sesuatunya.
Semakin kita cepat keluar dari rasa gelisah maka kita juga akan cepat kembali ke kehidupan normal.

0 komentar:

Posting Komentar