.

Hal yang Harus Diperhatikan Agar Tidak Terjadi Konflik Dalam Kerjasama

Kerjasama dalam hal bisnis mungkin saja terjadi konflik karena beda pendapat atau salah pengertian.  
Berikut ini 10 Hal yang harus diperhatikan agar tidak terjadi konflik dalam kerjasama :

Lapang hati
Bergabungnya sejumlah orang yang memiliki latar belakang pengalaman berbeda, memang berpotensi menimbulkan konflik. Tidak heran bila sesekali  terjadi kesalahpahaman atau rasa jengkel di antara para anggota. Sikap lapang hati akan membantu Anda menghadapi konflik dan ganjalan yang mungkin terjadi.

Kembangkan sikap kreatif
Kreativitas bukan hanya dibutuhkan dalam sebuah tim yang menangani proyek-proyek berkaitan dengan bidang seni, namun juga saat memecahkan masalah. Galilah pengalaman-pengalaman Anda dan jangan ragu untuk mengutarakan pendapat dalam diskusi.

Bangun rasa saling percaya
Rasa saling percaya di antara anggota tim amat dibutuhkan, agar kerja tim berjalan harmonis dan terhindar dari konflik besar. Kepercayaan bisa tumbuh dengan  membuka diri dan memlihara komunikasi antar anggota, di dalam dan di luar kegiatan kerja.

Berkomunikasi secara efektif
Latihlah kemampuan untuk menyampaikan informasi dan pendapat secara efektif, dalam diskusi, rapat, maupun segala kegiatan yang berhubungan dengan tim. Dengan komunikasi yang efektif, kerja tim tidak akan terhambat dan segera mencapai kemajuan.

Bagi informasi
Jangan pelit berbagi informasi kepada rekan lain. Menahan informasi hanya akan menghambat kemajuan dan membuat ‘jarak’ dengan rekan-rekan.

Bekerja efisien
Dalam kerja tim, keseluruhan pekerjaan biasanya berjalan secara tandem. Bila salah seorang anggota belum menuntaskan tugasnya, maka seluruh tim akan menunda pekerjaan selanjutnya, untuk menunggu tugas tersebut beres. Jadi, jangan hambat kerja rekan-rekan Anda dengan bermalas-malasan.

Adaptasi terhadap perubahan
Perubahan merupakan hal yang biasa terjadi dalam bidang apapun, temasuk dalam dunia kerja. Dalam kerja tim yang melibatkan banyak disiplin kerja, perubahan yang terjadi pada satu divisi akan mengakibatkan perubahan pula pada divisi lain.

Ikuti perkembangan zaman
Menjadi kura-kura dalam tempurung bukanlah tindakan menguntungkan dalam dunia kerja, termasuk dalam kerja tim. Dengan rajin mengikuti berita terkini, Anda akan dapat mendeteksi masalah yang mungkin terjadi di masa depan.

Tekan Ego
Boleh Anda memiliki jam terbang tinggi atau di atas rata-rata serta telah mengenyam pendidikan yang lebih tinggi dibandingkan rekan-rekan lain. Namun, jangan biarkan hal ini membuat diri anda besar kepala. Tetaplah bersikap rendah hati dan selalu ingat bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jangan Bawa masalah pribadi
Memang sulit untuk melupakan musibah yang baru saja terjadi, saat sedang bekerja di  kantor. Namun, jika mood Anda jelek maka suasana hati yang buruk itu juga dapat menulari anggota lain. Jika kesulitan menata suasana hati, lebih baik ambil cuti sehari untuk menangkan diri.

0 komentar:

Posting Komentar