Kerjasama dalam hal bisnis mungkin saja terjadi konflik karena beda pendapat atau salah pengertian.  
Berikut ini 10 Hal yang harus diperhatikan agar tidak terjadi konflik dalam kerjasama :
Lapang hati
Bergabungnya sejumlah orang yang memiliki latar belakang pengalaman 
berbeda, memang berpotensi menimbulkan konflik. Tidak heran bila 
sesekali  terjadi kesalahpahaman atau rasa jengkel di antara para 
anggota. Sikap lapang hati akan membantu Anda menghadapi konflik dan 
ganjalan yang mungkin terjadi.
Kembangkan sikap kreatif
Kreativitas bukan hanya dibutuhkan dalam sebuah tim yang menangani 
proyek-proyek berkaitan dengan bidang seni, namun juga saat memecahkan 
masalah. Galilah pengalaman-pengalaman Anda dan jangan ragu untuk 
mengutarakan pendapat dalam diskusi.
Bangun rasa saling percaya
Rasa saling percaya di antara anggota tim amat dibutuhkan, agar kerja
 tim berjalan harmonis dan terhindar dari konflik besar. Kepercayaan 
bisa tumbuh dengan  membuka diri dan memlihara komunikasi antar anggota,
 di dalam dan di luar kegiatan kerja.
Berkomunikasi secara efektif 
Latihlah kemampuan untuk menyampaikan informasi dan pendapat secara 
efektif, dalam diskusi, rapat, maupun segala kegiatan yang berhubungan 
dengan tim. Dengan komunikasi yang efektif, kerja tim tidak akan 
terhambat dan segera mencapai kemajuan.
Bagi informasi
Jangan pelit berbagi informasi kepada rekan lain. Menahan informasi 
hanya akan menghambat kemajuan dan membuat ‘jarak’ dengan rekan-rekan.
Bekerja efisien
Dalam kerja tim, keseluruhan pekerjaan biasanya berjalan secara 
tandem. Bila salah seorang anggota belum menuntaskan tugasnya, maka 
seluruh tim akan menunda pekerjaan selanjutnya, untuk menunggu tugas 
tersebut beres. Jadi, jangan hambat kerja rekan-rekan Anda dengan 
bermalas-malasan.
Adaptasi terhadap perubahan
Perubahan merupakan hal yang biasa terjadi dalam bidang apapun, 
temasuk dalam dunia kerja. Dalam kerja tim yang melibatkan banyak 
disiplin kerja, perubahan yang terjadi pada satu divisi akan 
mengakibatkan perubahan pula pada divisi lain.
Ikuti perkembangan zaman
Menjadi kura-kura dalam tempurung bukanlah tindakan menguntungkan 
dalam dunia kerja, termasuk dalam kerja tim. Dengan rajin mengikuti 
berita terkini, Anda akan dapat mendeteksi masalah yang mungkin terjadi 
di masa depan.
Tekan Ego
Boleh Anda memiliki jam terbang tinggi atau di atas rata-rata serta 
telah mengenyam pendidikan yang lebih tinggi dibandingkan rekan-rekan 
lain. Namun, jangan biarkan hal ini membuat diri anda besar kepala. 
Tetaplah bersikap rendah hati dan selalu ingat bahwa setiap orang 
memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Jangan Bawa masalah pribadi
Memang sulit untuk melupakan musibah yang baru saja terjadi, saat sedang bekerja di  kantor. Namun, jika mood Anda
 jelek maka suasana hati yang buruk itu juga dapat menulari anggota 
lain. Jika kesulitan menata suasana hati, lebih baik ambil cuti sehari 
untuk menangkan diri.





0 komentar:
Posting Komentar