Kerjasama dalam hal bisnis mungkin saja terjadi konflik karena beda pendapat atau salah pengertian.
Berikut ini 10 Hal yang harus diperhatikan agar tidak terjadi konflik dalam kerjasama :
Lapang hati
Bergabungnya sejumlah orang yang memiliki latar belakang pengalaman
berbeda, memang berpotensi menimbulkan konflik. Tidak heran bila
sesekali terjadi kesalahpahaman atau rasa jengkel di antara para
anggota. Sikap lapang hati akan membantu Anda menghadapi konflik dan
ganjalan yang mungkin terjadi.
Kembangkan sikap kreatif
Kreativitas bukan hanya dibutuhkan dalam sebuah tim yang menangani
proyek-proyek berkaitan dengan bidang seni, namun juga saat memecahkan
masalah. Galilah pengalaman-pengalaman Anda dan jangan ragu untuk
mengutarakan pendapat dalam diskusi.
Bangun rasa saling percaya
Rasa saling percaya di antara anggota tim amat dibutuhkan, agar kerja
tim berjalan harmonis dan terhindar dari konflik besar. Kepercayaan
bisa tumbuh dengan membuka diri dan memlihara komunikasi antar anggota,
di dalam dan di luar kegiatan kerja.
Berkomunikasi secara efektif
Latihlah kemampuan untuk menyampaikan informasi dan pendapat secara
efektif, dalam diskusi, rapat, maupun segala kegiatan yang berhubungan
dengan tim. Dengan komunikasi yang efektif, kerja tim tidak akan
terhambat dan segera mencapai kemajuan.
Bagi informasi
Jangan pelit berbagi informasi kepada rekan lain. Menahan informasi
hanya akan menghambat kemajuan dan membuat ‘jarak’ dengan rekan-rekan.
Bekerja efisien
Dalam kerja tim, keseluruhan pekerjaan biasanya berjalan secara
tandem. Bila salah seorang anggota belum menuntaskan tugasnya, maka
seluruh tim akan menunda pekerjaan selanjutnya, untuk menunggu tugas
tersebut beres. Jadi, jangan hambat kerja rekan-rekan Anda dengan
bermalas-malasan.
Adaptasi terhadap perubahan
Perubahan merupakan hal yang biasa terjadi dalam bidang apapun,
temasuk dalam dunia kerja. Dalam kerja tim yang melibatkan banyak
disiplin kerja, perubahan yang terjadi pada satu divisi akan
mengakibatkan perubahan pula pada divisi lain.
Ikuti perkembangan zaman
Menjadi kura-kura dalam tempurung bukanlah tindakan menguntungkan
dalam dunia kerja, termasuk dalam kerja tim. Dengan rajin mengikuti
berita terkini, Anda akan dapat mendeteksi masalah yang mungkin terjadi
di masa depan.
Tekan Ego
Boleh Anda memiliki jam terbang tinggi atau di atas rata-rata serta
telah mengenyam pendidikan yang lebih tinggi dibandingkan rekan-rekan
lain. Namun, jangan biarkan hal ini membuat diri anda besar kepala.
Tetaplah bersikap rendah hati dan selalu ingat bahwa setiap orang
memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Jangan Bawa masalah pribadi
Memang sulit untuk melupakan musibah yang baru saja terjadi, saat sedang bekerja di kantor. Namun, jika mood Anda
jelek maka suasana hati yang buruk itu juga dapat menulari anggota
lain. Jika kesulitan menata suasana hati, lebih baik ambil cuti sehari
untuk menangkan diri.
0 komentar:
Posting Komentar